Intermezzo : Reses

5:53 AM 0 Comments A+ a-

SBMPTN sudah berlalu, namun rasa was-was tentu saja masih menghantui selagi pengumuman belum keluar. Gimana nggak? Soalnya susaaaah banget Bo! Bahkan lumayan banyak yang tak ku isi. Hiks..sedih
meski begitu aku nggak mau nyerah gitu aja, Life must go on!

Sedikit cerita tentang pengalaman mengikuti SBMPTN di tahun ini (kalau tahun lalu SNMPTN)...
Sebelum mengikuti SBMPTN para pendaftar diharuskan membayar uang pendaftaran sebesar Rp.175.000,00 khusus untuk SOSHUM/SAINTEK, jika memilih campuran bayarnya lebih mahal yaitu Rp 200.000. Uang tersebut dibayarkan melalui Bank Mandi**. Setelah membayar, kita akan mendapat nomor PIN dan KAP yang berfungsi untuk melakukan pendaftaran secara online. Selesai mendaftar, kartu pendaftaran secara online bisa dicetak, terserah memakai kertas apa aja, kalau aku hvs quarto.

kartu asli, cuma fotonya aja yang di sensor :p


Hari pertama, Selasa,18 Juni 2013
Ujian diadakan di beberapa tempat, kalau aku ada di stembayo a.k.a stm pembangunan. Wuih sekolahnya gueedee banget, lumayan asri, banyak pepohonan rindang dan sebuah air mancur di tengah-tengah taman. Hari pertama mengerjakan soal Tes Potensi Akademik dan Tes Kompetensi Dasar Umum (matematika dasar, Bahasa indonesia, dan bahasa inggris). U know? untuk mengerjakan soal TPA waktu yang diberikan cuma 60 menit! padahal soalnya berjumlah 75 butir! Itu artinya setiap soal dikerjakan nggak boleh lebih dari 1 menit, itu bener" waktu yang amat sangat mepet sekali. Apalagi ada soal numerik barisan deret yang membuatku kehabisan waktu (cari angkanya gak nemu"). Dan benar saja, lumayan banyak soal yang gak keisi... Allahu akbar! aku udah tawakal dengan hasilnya nanti. T_T

Setelah mengerjakan TPA ada selang waktu kira-kira 45 menit untuk istirahat lalu dilanjutkan kembali mengerjakan soal TKDU. Soal matematika nya mantap jaya euy, saking mantapnya aku bingung gimana jawabnya? bagaimana pula mengerjakannya?? rumus-rumus yang aku pelajari semalam, melayang entah kemana...

Selesai ujian hari pertama benar-benar membuatku belajar ekstra keras untuk hari kedua, pokoknya nggak boleh meleset lagi, nggak boleh ngremehin ujian ini.

Hari Kedua, Rabu, 19 Juni 2013
Untuk menghindari kemacetan di jalan, aku berangkat satu jam sebelum ujian dimulai. Kira-kira perjalanan dari rumah ke stembayo sekitar 30 menit.
Ujian hari kedua, materi tentang pelajaran SOSHUM (karena memang tiga jurusan yang aku pilih termasuk kategori SOSHUM) yaitu pelajaran sejarah, geografi, sosiologi dan ekonomi. Meskipun materinya terlihat susah, karena materi hafalan semua, namun bagiku ujian hari kedua atau hari ini lebih mendingan daripada yang pertama. Alasannya karena materinya bukan materi yang baru, udah pernah dipelajari di sekolah (meski ada beberapa yang lupa dan harus diulang juga) alasan yang kedua adalah karena aku menyukai pelajaran salah dua dari yang diujikan yaitu Geografi dan Ekonomi. Itu benar-benar materi pelajaran yang asyik banget, yang bikin aku menyukai prodi ips.

Oke..itu tadi sepotong kisah pengalamanku hari ini, yang mungkin sekiranya biasa aja, tetapi ujian ini akan menentukan kehidupanku selanjutnya. Aku (juga mungkin teman-teman yang hari ini dan kemarin senasib denganku) berharap bisa diterima di pilihan pertama. Dan kalaupun pada akhirnya malah diterima di pilihan ketiga, aku udah merasa bersyukur seenggaknya nggak perlu milih tempat kuliah di PTS yang biayanya fantastis, mahal banget! Kasihan ortu nanti, membebani mereka dgn biaya kuliah yang bejibun, lagian aku masih belum siap kalau kuliah di PTS, nggak tahu kenapa belum sreg.