MOVE (Mentoring On Vacation and Education) part one

07.40 0 Comments A+ a-

Sabtu, 22 Juni 2013
Hari itu, aku dan beberapa anak yang tergabung dalam formassi (forum alumni rohis) sekolah berencana untuk menjadi tim outbound dalam mengisi event yang diadakan oleh adik kelas yaitu MOVE (Mentoring On Vacation and Education).
Kira-kira pukul dua siang, aku menjemput salah seorang sahabatku, Sofi. Namun, sebelum sampai di rumahnya aku mampir sebentar ke pom bensin di daerah tersebut, dekat babarsari. Huwaa...11ribu cuma dapet satu setengah liter bensin sodara-sodara. Hebat sekali program pemerintah dalam menaikkan BBM hari ini. Aku heran deh, mengapa BBM harus naik? adakah konspirasi di dalamnya? Entahlah aku tak mau bersu'udzon sama pemerintah, tetapi coba deh, baca artikel berikut :

Rakyat Miskin Aman dari Dampak Kenaikan Harga BBM?
Pemerintah menjamin rakyat miskin terlindungi dari dampak kenaikan harga BBM. Pemerintah telah menyiapkan program perlindungan dalam bentuk program kompensasi yang dianggarkan Rp 27,9 triliun. Yaitu, Program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) dianggarkan Rp 9, 3 triliun, diberikan sebesar Rp150 ribu perbulan kepada 15,5 juta rumah tangga sasaran (RTS) selama empat bulan. Program Bantuan Siswa Miskin (BSM) dianggarkan Rp 7,5 triliun untuk 16,6 juta siswa. Program Raskin dianggarkan Rp 4,3 triliun bagi 15,5 juta rumah tangga miskin selama tiga bulan. Program Keluarga Harapan dianggarkan Rp 0,7 triliun untuk 2,4 juta keluarga sangat miskin. Dan program infrastruktur dasar dianggarkan Rp 6 triliun terutama untuk pembangunan infrastruktur pedesaan.
Benarkah rakyat miskin akan aman dari dampak kenaikan harga BBM? Jawabannya jelas tidak. Hitungannya sederhana. BLSM Rp 150 ribu per RTS, jika tiap RTS beranggotakan 4 orang, artinya tiap orang hanya mendapat Rp 37.500 per orang per bulan atau hanya Rp 1.250 per hari. Jumlah itu akan langsung habis untuk menutupi kenaikan ongkos transportasi, bahkan bisa kurang.
Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Soeroyo Alimoeso mengatakan, “Kenaikan harga BBM sudah pasti berdampak terhadap kenaikan tarif angkutan umum. Tetapi kenaikan tarifnya itu tidak boleh lebih dari 10-20 persen”. (kompas.com, 18/6). Namun pembatasan kenaikan 10-20% itu dinilai tidak logis. Menurut Ketua Organisasai Angkutan Darat, Organda DKI, Soedirman, dengan harga BBM naik 33%, kenaikan tarif angkutan yang masuk akal adalah 35%. (republika.co.id,17/6). Jika misalnya, tarif angkot yang berlaku rata-rata 2 ribu, maka akan naik minimal 500 rupiah atau bahkan seribu. Itu artinya, bantuan BLSM akan langsung habis untuk menutupi kenaikan ongkos naik angkot pergi pulang satu kali. Jika harus dua kali naik angkot, maka harus nombok.
Di sisi lain, harga-harga barang dan jasa pasti akan naik. Menurut hitungan Kemdag, harga-harga kebutuhan pokok akan naik 5% – 10% atau rata-rata sekitar 8,2%. Namun faktanya sangat mungkin jauh lebih tinggi dari perkiraan itu. Selama ini, harga-harga sembako telah mengalami kenaikan cukup drastis dan berat bagi masyarakat. Ketika harga BBM naik, dipastikan harga akan naik lagi dan tidak akan turun. Apalagi menjelang Ramadhan dan lebaran yang biasanya tanpa ada kenaikan harga BBM saja, sudah menyebabkan kenaikan harga cukup drastis. Kenaikan harga itu juga dipicu oleh naiknya ongkos transportasi dan biaya produksi. Biaya produksi mungkin akan naik secara signifikan sebagai efek akumulatif dari kenaikan ongkos transportasi dan kenaikan biaya produksi bahan baku dan bahan setengah jadi.

#Lupakan BBM  sejenak
Setelah menjemput sofi, kami bergegas menuju ke sekolah, karena waktu sudah menunjukkan pukul dua, sedangkan deadline juga jam 2! Eh, ternyata sesampainya disana, cuma ada tiga orang; mbak mentorku mb Alfi, dek Lala, dan pak kepala sekolah yaitu Pak Maman. Ya ampun, kami kira sudah benar-benar terlambat, ternyata malah datang lebih awal daripada yang lain. Ciri khas masyarakat Indonesia; benar-benar masih setia dengan jam karet. Tidak ada kata on time dalam kamus besarnya. Jam Keberangkatan tim outbond molooor dua jam, dan malah beangkat bersamaan dengan para peserta.
Acara MOVE berlokasi di daerah Turi, di sebuah pemukiman kecil yang dulunya di pakai sebagai barak pengungsian merapi. Kita sebut saja daerah itu ACT.

Bersambung....