Bukan Kuantitas tetapi Kualitas

5:46 AM 0 Comments A+ a-

Tanpa bermaksud untuk membanding-bandingkan jumlah umat agama terbanyak atau jumlah berapa orang islam yang benar-benar menerapkan ajaran islam secara keseluruhan. Kenyataannya memang sedikit, bahkan tak jarang kita temui di negeri ini, Indonesia, yang mana mayoritas menganut agama islam, namun hanya segelintir orang yang mau menerapkan islam secara keseluruhan di setiap sendi kehidupannya (bukan cuma ibadah ritual doank).
Melintas ke negara lain, di sebuah kota yang mencekam bernama gaza, sebuah kota yang sampai sekarang masih terus diteror oleh Israel, jumlah penduduk asli gaza (warga palestina) sangat sedikit dibandingkan jumlah penduduk Israel. Tetapi kita tahu bahwa sekelompok orang yang kini mendiami gaza untuk mempertahankan tanah air dan agamanya adalah orang-orang terpilih. Meski jumlahnya sedikit namun kita tahu kualitas agamanya (keimanan dan ketangguhan) begitu mengagumkan. Di tengah gemuruh pesawat tempur Israel yang menjatuhkan bom-bom mematikan, warga Gaza tetap melangkahkan kaki ke masjid begitu suara adzan berkumandang. Lebih dari 50 masjid di Jalur Gaza hancur oleh bom-bom yang dimuntahkan pesawat-pesawat tempur Israel. Serangan terburuk menimpa Masjid Ibrahim Al-Maqadma. Masjid itu itu dibombardir saat warga Gaza menunaikan shalat, yang menyebabkan 16 jamaah syahid dan beberapa jamaah lainnya luka-luka. Tapi, meski masjid-masjid mereka hancur, warga Gaza tetap berduyun-duyun ke masjid saat mendengar panggilan shalat dan pemandangan seperti ini hampir terlihat di seluruh Gaza.
Atau pelajaran berharga di Perang Badar, yang mana pasukan kaum muslimin berjumlah 300an, sedangkan di pihak lawan yaitu kafir Quraisy berjumlah 1000an. Namun, kemenangan dalam peperangan tersebut justru dimenangkan oleh kaum muslimin yang secara kuantitas jumlahnya lebih sedikit. See, bukan kuantitas yang terpenting, namun kualitas yang jauh lebih penting.
 
قَالَ الَّذِينَ يَظُنُّونَ أَنَّهُمْ مُلَاقُو اللَّهِ كَمْ مِنْ فِئَةٍ قَلِيلَةٍ غَلَبَتْ فِئَةً كَثِيرَةً بِإِذْنِ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ مَعَ الصَّابِرِينَ
 ...Orang-orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Allah, berkata: "Berapa banyak terjadi golongan yang sedikit dapat mengalahkan golongan yang banyak dengan izin Allah. Dan Allah beserta orang-orang yang sabar".(Al-Baqarah 249)