Kenapa Umat Islam tidak menyatu??

7:38 PM 1 Comments A+ a-

Pernahkah terbesit pertanyaan, kenapa sih islam punya banyak golongan? Ada NU, muhamadiyah, tarbiyah, jama’ah tablig, salafy, wahabi, dll. Mungkin akan ada jawaban “itu karena ada hadis nabi yang mengatakan islam di akhir zaman akan terpecah menjadi 73 golongan” ya berarti emang sudah sunnatullah kalau seperti itu. Oo..gitu, tetapi kenapa? Jujur aku masih kurang puas dengan jawaban tersebut, kenapa harus terpecah menjadi 73 golongan? Kalau kayak gini gimana aku bisa tahu dan mempelajari islam yang murni? kenapa sih harus terpecah-pecah menjadi banyak golongan/firqah/harakah seperti ini? Maksudnya apa?

Ribuan tanya itu masih mengambang, menyisakan kegalauan yang pada akhirnya kini aku tahu jawabnya.
Hari ini adalah ujian mata kuliah pendidikan agama islam, karena sumber materinya dari buku, yaudah kuambil deh buku PAI yang jarang banget aku sentuh dan kubaca sampai habis kecuali hari ini, iya gara-gara ujian ini ni, bukunya jadi kebaca, hehe. Di buku tersebut banyak banget dicantumkan ayat-ayat Al-Quran, sampai suatu ketika aku terhenti di potongan ayat Q.S. Al-maidah ayat 48 yang menjawab pertanyanku selama ini


وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ الْكِتَابِ وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ ۖ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ ۖ وَلَا تَتَّبِعْ أَهْوَاءَهُمْ عَمَّا جَاءَكَ مِنَ الْحَقِّ ۚ لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنْكُمْ شِرْعَةً وَمِنْهَاجًا ۚ وَلَوْ شَاءَ اللَّهُ لَجَعَلَكُمْ أُمَّةً وَاحِدَةً وَلَٰكِنْ لِيَبْلُوَكُمْ فِي مَا آتَاكُمْ ۖ فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ ۚ إِلَى اللَّهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيعًا فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ
Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat diantara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu, 

1 comments:

Write comments
My Own World
AUTHOR
January 14, 2014 at 2:31 AM delete

dan seharusnya tidak ada perpecahan dll gara-gar hal itu, :D

Reply
avatar