Sedekah Yang Utama

7:12 PM 0 Comments A+ a-



Sedekah yang paling utama sebenarnya bukan untuk orang miskin atau orang-orang terlantar. Ada orang yang jauh lebih berhak mendapatkan itu daripada mereka. Tanya Siapa?


يَسْأَلُونَكَ مَاذَا يُنْفِقُونَ ۖ قُلْ مَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ خَيْرٍ فَلِلْوَالِدَيْنِ وَالْأَقْرَبِينَ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَابْنِ السَّبِيلِ ۗ وَمَا تَفْعَلُوا مِنْ خَيْرٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ
Mereka bertanya tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: "Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan". Dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya. 

 Q.S. Al- Baqarah 215

Ya, kedua orangtua, itu sedekah yang paling utama. Maka, sudah seharusnya kita menginfakkan sebagian rezeki yang kita miliki untuk orangtua terlebih dahulu, baru kemudian kepada kerabat atau saudara-saudara kita lalu kepada anak-anak yatim dan atau orang-orang miskin.

Maka tak heran, Rasulullah bersabda, Orang terbaik di antara kalian (suami) adalah yang terbaik bagi keluarganya dan akulah di antara kalian yang paling baik terhadap keluargaku, tidak memuliakan wanita kecuali orang yang hina,” (HR Ibnu Asakir dari Ali bin Abi Thalib)