Resensi Buku '35 Shirah Shahabiyah jilid 1"

01.11 0 Comments A+ a-




Judul Buku      : 35 Shirah Shahabiyah jilid 1
Penulis             : Mahmud Al-Mishri (Penerjemah Muhil Dhofir Lc. & Asep Sobari Lc.)
Penerbit           : Al-I’tishom Cahaya Ummat
Tahun Terbit    : Juni 2013 (Cetakan kesepuluh)
Tebal Buku      : 424 halaman

Wanita selalu istimewa dalam agama islam. Islam telah hadir untuk mengangkat derajad kaum wanita dari perbudakan laki-laki di masa jahiliyah. Islam tidak pernah mengekang wanita, pun dalam perintah jilbab, hal itu justru untuk melindungi wanita itu sendiri dari ancaman fitnah. Penghormatan islam terhadap wanita terlihat jelas ketika Al-Qur’anul Karim memuat satu surah khusus yang membahas tentang wanita dan menamakannya surah An-Nisaa’ (kaum wanita).
Dibalik kesuksesan seorang lelaki hebat pasti juga ada sosok wanita luar biasa yang berada di belakangnya. Yang menggerakan sang lelakinya untuk lebih sukses. Itulah peran penting wanita. Akan tetapi, wanita mulia seperti apakah kiranya yang sanggup menjadi pendamping hidup seorang lelaki hebat atau lebih sederhana lagi bagaimanakah seharusnya kita sebagai wanita menjalankan peran kita baik sebagai anak, ibu dan peran lainnya? Itulah salah satu alasan buku ini hadir, 35 Shirah Shahabiyah. Kisah-kisah tentang wanita luar biasa, sahabat Rasulullah SAW.  Sosok luar biasa yang berhasil menjadi teladan para wanita di berbagai aspek kehidupan. Mari, kita belajar bersama, menempa diri untuk menjadi muslimah luar biasa dengan mempelajari kisah hidup mereka, para shahabiyah, generasi terbaik sepanjang sejarah peradaban manusia setelah Nabi dan Rasul.
Inilah persembahan terbaik dari Mahmud Al-Mishri, seorang syaikh timur tengah yang sudah banyak berkarya, berdakwah melalui pena. Buku terbitan Al-I’tishom Cahaya Ummat ini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia oleh Muhil Dhofir Lc. & Asep Sobari Lc. Buku ini sudah laris di pasaran karena terbukti sudah dicetak hingga cetakan kesepuluh. Buku yang pantas dijadikan rujukan karena didukung oleh berbagai referensi kitab yang jelas dan insyaAllah shahih.
Buku dengan cover berwarna hijau ini adalah jilid pertama yang memuat 13 kisah shahabiyah : (1) Khadijah binti Khuwailid ra., (2) Saudah binti Zam’ah ra., (3) ‘Aisyah binti Abu Bakar ra., (4) Hafshah binti Umar ra., (5) Zainab binti Khuzaimah ra., (6) Ummu Salamah ra., (7) Zainab binti Jahsy ra., (8) Juwairiyah binti Al-Harits ra., (9) Ramlah binti Abu Sufyan (ummu Habibah) ra., (10) Shafiyyah binti Huyay ra., (11) Maimunah binti Al-Harits ra., (12) Fathimmah binti Rasulullah saw., dan (13) halimah As-Sa’diyah.
Buku ini pantas dijadikan sebagai rujukan bagi para wanita masa kini yang mendamba syurga. Belajar dari kisah generasi terbaik sepanjang sejarah. Para kuntum mawar syurga yang tumbuh di gersangnya sahara. Shahabiyah, para sahabat wanita yang memancarkan keharuman iman dan tauhid. Mereka yang mengorbankan segalanya untuk kepentingan islam. Banyak hikmah yang dapat kita pelajari dengan membaca buku ini diantaranya hikmah tentang pengorbanan dan kegigihan dalam membela akidah.