Resensi Buku "Wanita-Wanita Pilihan Tuhan"

04.56 0 Comments A+ a-





Judul               : Wanita-Wanita Pilihan Tuhan
Penulis             : Siti Aisyah
Penerbit           :Qudsi media
Tahun Terbit    : Februari 2006
Tebal Buku      : 152 halaman

Islam begitu memuliakan wanita. Kita tahu itu, saking istimewanya seorang wanita di mata islam, di dalam Al-Qur’an dibuatkan satu surah khusus yang banyak membahas tentang wanita yaitu An-Nisaa’. Masya Allah. Lalu, terbesit pertanyaan, bagaimana seharusnya peran wanita dalam dunia pendidikan, khususnya muslimah?
Buku ini menjawab pertanyaan tersebut dengan mencatut langsung ayat-ayat Qur’an. Yeah, sudah seharusnya kita sebagai umat muslim, menjadikan Al-Qur’an sebagai sumber rujukan utama. Sebagai kitab paripurna, Al-Qur’an memuat rentetan kisah yang sarat dengan hikmah. Salah satu dari rangkaian kisah tersebut adalah kisah-kisah mengenai wanita.
Sebagai kitab suci, Al-Qur’an bukanlah kitab sejarah. Kisah di dalam Al-Qur’an tidak dimaksudkan sebagai uraian sejarah lengkap secara kronologis. Akan tetapi fungsi kisah-kisah bersejarah di dalam Qur’an untuk diambil ibrah-nya. Dalam dunia pendidikan, kisah dipandang sangat efektif dalam menanamkan nilai-niali edukatif. Pesan-pesan moral akan lebih efektif jika disampaikan melalui kisah-kisah yang dituturkan secara menarik.
Mempelajari kisah-kisah wanita terdahulu dalam Al-Qur’an berpengaruh signifikan untuk membentuk kepribadian muslimah. Apalagi wanita-wanita yang dikisahkan adalah kisah wanita-wanita terbaik sepanjang zaman. Sebut saja Maryam binti Imran, kisah istri nabi Adam, kisah istri Fir’aun. Namun ada pula kisah kisah wanita yang tidak menjalankan syariat islam yang banyak dikisahkan di dalam Qur’an seperti kisah istri nabi Luth, dengan tetap berpikir positif bahwa semua kisah tersebut untuk diambil hikmahnya.
Rasulullah memberikan penekanan terhadap pendidikan kaum wanita seperti yang terdapat di dalam sebuah hadis,”Barang siapa mempunyai tiga anak perempuan atau tiga saudara wanita, atau dua anak wanita atau dua saudara wanita, lalu ia memperlakukan mereka dengan baik dan bertakwa kepada Allah dalam mengurus mereka, maka ia berhak mendapat syurga. (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi dari Abu Sa’id Al-Khudri)”
So Ladies, sudah siapkah kita menjadi wanita-wanita pilihan Tuhan? Sudah tahu bagaimana caranya? Mari kita sama-sama belajar melalui buku ini.