Resensi Buku "Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi"

5:08 PM 2 Comments A+ a-




Judul               : Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi
Pengarang       : Sunarso, M.Si,dkk
Penerbit           : UNY Press
Cetakan           : 2, Mei 2013
Tebal               : 317 halaman

Dapet tugas ngrangkum buku oleh dosen mata kuliah PKn. Bayangkan sodara-sodara, ngrangkum buku sebanyak 317 halaman dalam waktu seminggu! Luar biasa sekali, dan lagi, merangkum buku tersebut harus ditulis tangan pake lembaran folio...ugh. It’s oke, akhirnya Alhamdulillah tugas itu sudah selesai bahkan kurang dari seminggu... dan jadilah gara-gara dapet tugas merangkum seperti itu mau tak mau saya harus membaca full buku tersebut dari awal sampai akhir. Oke, jadi sekalian aja disini saya resensi buku tersebut.
Buku berjudul Pendidikan Kewarganegaraan ini merupakan buku resmi yang dikeluarkan oleh UNY Press dan merupakan buku pegangan mahasiswa kampus. Hampir semua mahasiswa UNY dari semua jurusan memiliki buku ini karena mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan merupakan Mata Kuliah Umum. Penulis dari buku inipun juga merupakan dosen-dosen yang mengampu mata kuliah tersebut.
Dilihat dari judul bukunya dapat ditebak isi dari buku ini. Buku Pendidikan Kewarganegaraan tentu saj amemuat tentang segala hal yang ada hubungannya dengan kewarganegaraan yang dikaitkan dengan peran mahasiswa di dalamnya. Buku ini terdiri dari sepuluh bab diantaranya (1) Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan, (2) hakikat Bangsa, Negara dan Warga Negara, (3) Persamaan Kedudukan Warga Negara dalam Berbagai Bidang Kehidupan, (4) Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani, (5) Perlindungan dan Penegakkan Hak Asasi Manusia, (6) Konstitusi Negara, (7) Sistem Pemerintahan Indonesia, (8) Wawasan Nusantara sebagai Geopolitik Indonesia, (9) Ketahanan Nasional Indonesia Sebagai Geostrategi Indonesia, dan terakhir (10) Dampak Globalisasi dalam Kehidupan Masyarakat Berbangsa, dan Bernegara.
Buku ini telah dilengkapi dengan daftar pustaka dan sumber referensi yang memadai di setiap akhir bab. Bahasa yang digunakan pun cukup mudah dipahami. Akan tetapi cara penyampaian cenderung berputar-putar tidak fokus ke dalam satu pembahasan. Terkadang apa yang dituliskan di bab pertama, muncul lagi di bab kedua, dan hal itu cukup banyak ditemui sehingga pembahasan menjadi kurang fokus. Kelemahan lainnya adalah kualitas buku yang kurang layak yakni banyak kertas yang mreteli satu-satu. Dan ternyata kondisi ini tidak hanya saya saja yang mengalami, teman-teman saya yang lainnya juga mengalami hal yang sama. Kondisi buku PKN-nya sebagian besar sudah mreteli satu-satu kertasnya. Semoga ini dapat segera menjadi perbaikan bagi Penerbit UNY Press untuk meningkatkan kualitas dan mutu buku-buku yang diterbitkan. Sedangkan untuk buku PKN ini, menurut saya alangkah lebih baiknya direvisi kembali. Pembahasan di setiap babnya dibuat lebih ringkas, padat dan tidak berbelit-belit.

2 comments

Write comments
BITIZATI
AUTHOR
March 17, 2016 at 8:12 PM delete

boleh di share kan resume nya kak?

Reply
avatar
Juny Zalisa
AUTHOR
January 21, 2017 at 12:45 AM delete

Kak, bukunya dijual di UNY aja ya?

Reply
avatar