Resensi "Buku Pintar Etiket Untuk Remaja"

03.07 0 Comments A+ a-



Judul buku       : Buku Pintar Etiket untuk Remaja
Pengarang        : Mien R. Uno
Penerbit           : Gramedia Pustaka Utama
Tebal                : 261 Halaman
Cetakan           : 3, April 2010

Mien R. Uno terkenal sebagai pendidik dan pakar etiket di negeri ini. Mendengar nama belakang “Uno” di kalangan para pengusaha pasti akan teringat dengan Sandiaga Uno. Yups, Ibu Mien adalah ibu dari pengusaha muda terkenal itu. Oleh karena itu tak heran apabila buku ini laris manis di pasaran. Bahkan kata sambutan dalam buku ini disampaikan oleh Ibu Negara saat itu yaitu Ibu Ani Bambang Yudhoyono.
Buku dengan sampul hardcover ini tampak seperti sebuah kitab pedoman. Tampilan tersebut semakin elegan dengan isi di dalam buku ini yang disertai gambar-gambar ilustrasi yang unik. Bahasa yang digunakan pun lugas dan mudah dipahami. Akan tetapi juga terdapat kelemahan yakni etiket yang ada di dalam buku ini tidak semuanya layak diterapkan di kehidupan yang mencakup semua kalangan. Etiket ini lebih banyak menjelaskan etiket remaja yang hidup dalam keluarga atau lingkungan elit contohnya saja ada suatu bab membahas etiket berpesta.
Buku ini terdiri dari 10 bab yakni (1) pentingnya etiket, (2) etiket berkomunikasi, (3) etiket di rumah, (4) etiket di sekolah, (5) etiket berpesta, (6) etiket di tempat umum, (7) etiket di perjalanan, (8) etiket dalam berbusana, (9) Etiket pergaulan (10) etiket di dunia kerja. Etiket-etiket tersebut diuraikan secara jelas dengan langkah-langkah beserta tips dan hal-hal yang harus dihindari.
Etiket itu penting. Etiket mengajarkan kita untuk memelihara hubungan baik, bahkan memikirkan kepentingan dan keinginan orang lain. Kita mungkin pernah mencoba toleransi terhadap pendapat dan tingkah laku seseorang yang berbeda dengan kita, tapi malah terseret ikut menyetujui dan mengadaptasinya. Ini tak akan terjadi bila kita bisa mengendalikan diri. Pemahaman tentang etiket bisa menjadi rem pengendali langkah kita. Hal ini akan membuat kita lebih disegani dan dihormati. Memang pada dasarnya etiket tergantung dari adat istiadat dan norma yang berkembang di daerah tersebut. Hal-hal tersebut juga dibahas di dalam buku ini.